Sunday, August 21, 2011

Cegah Akun Yahoo Mail Kena Hacked

cegah akun yahoo mail dari hacked
Bagaimana Cegah Akun Yahoo Mail Kena Hacked? Banyak orang menggunakan dan atau memiliki akun yahoo mail. Saya sendiri juga menggunakan yahoo mail karena fasilitas folder nya sangat memudahkan untuk mengatur / organize email secara terstruktur. Bagi sebagian orang awam (termasuk saya pada awalnya) mendaftar akun email biasanya menggunakan data diri asli. Masalahnya di jaman processor giga hertz dan internet yang makin revolusioner sekarang ini, hacker dan cracker makin merajalela. Jika kita tidak berhati-hati maka akun email yahoo akan dengan mudah sekali di hack dan diambil alih baik oleh hacker ataupun oleh bot spyware. Akun email yahoo yang terkoneksi ke facebook, twitter ataupun paypal (atau ecurrency lain) biasanya akan di exploitasi habis-habisan. Entah balance paypal nya dikuras, bisa juga kartu kredit yang terkoneksi ke paypal nya digunakan untuk berbelanja, facebook atau twitter nya bakal dihiasi url/link scam atau spam iklan dll.

cegah akun yahoo kena hacked
Sementara akun yahoo yang tidak terkoneksi akan digunakan untuk nyepam ke daftar contact yang ada di akun tersebut. Berikut contoh email yahoo yang dihack dan digunakan untuk spam ke daftar contact. Bisa dibayangkan jika akun email tersebut mengandung data contact untuk keperluan kantor atau bisnis. Jika mendapat email spam semacam ini, jangan sekalipun coba-coba untuk mengklik iklan atau pun url yang terkandung. Langkah pengamanan utama nya adalah dengan langsung men delete email scam tersebut dan memberitahukan kepada pemiliknya.

Cara paling jitu dan tepat untuk Cegah Akun Yahoo Mail Kena Hacked yaitu dengan melakukan login secara rutin minimal 3 hari sekali. Yang dimaksud login rutin yaitu login melalui web. Kenapa harus login rutin? Yahoo Mail memiliki fasilitas "secret question" untuk meretrieve (reset) password, yang jadi masalah "secret question" tersebut biasanya menggunakan fasilitas pertanyaan standar dari yahoo seperti kota asal, bulan lahir, nama anjing dll. Bukan merupakan kelemahan atau bug pada Yahoo tetapi lebih pada kesalahan fatal dari pengguna nya sendiri. Berikut bukti dari usaha hacker atau cracker untuk mereset password yahoo email :

cegah akun yahoo mail kena hacked
Tidak perlu panik mendapat email seperti diatas. Hal itu hanya menunjukkan seseorang sedang berusaha breakthrough, untuk mencegah cukup dengan melakukan login ke akun yahoo mail via web tapi lakukan dari tempat yang tidak aman seperti warnet. Ya jelas sekali warnet sangat rawan dari spyware dan keylogger. Baca lebih lanjut mengenai Cegah Tangkal Pencurian Account & Password.