Tuesday, March 9, 2010

Waspadai Phishing Berkedok Paypal Limitation

Sebetulnya email phishing ini sudah masuk sejak tiga hari yang lalu di spambox email saya. Hanya karena kebetulan super sibuk saja ga sempat ngurusin yang begituan. Kemarin baru sempat lihat lihat, awalnya agak kaget juga melihat ada notifikasi dari Paypal yang menyatakan account paypal saya terkena limited. Tapi setelah tiga detik berpikir dan berusaha tenang akhirnya saya mencoba menyelidiki email aneh tersebut.


Mari kita telisik satu persatu keanehan keanehan yang menyebabkan saya curiga :
  1. Jika betul email tersebut resmi dari paypal kenapa masuk ke spambox?
  2. Ternyata masuk ke spambox karena alamat pengirimnya adalah [email protected] ini jelas sekali beda dengan paypal.com
  3. Semua link yang menunjukkan ke suatu ip address tertentu, walaupun di bagian belakang di embel embeli dengan www.paypal.com tapi dengan adanya ip address di depan bisa jadi yang sebelah belakang tersebut hanya subdomain saja.
  4. Finalisasinya saya coba login account paypal saya dan ternyata tidak ada masalah apa-apa :D

Jadi kesimpulannya jika ada email aneh sebaiknya tenang dulu, berpikir jernih dan coba temukan hal-hal yang mencurigakan. Jaman sekarang ini banyak sekali penipuan dengan berbagai macam metode, semoga kita bisa terhindar dari segala macam tipu tipu tersebut.

4 comments

wah, jadi ngeri nih ama yang kayak gini. Zaman sekarang mo nipu pinter2 yak??

Siip Kang. Aku juga hampir kecolongan. kalau tempatku, yang ngirim pake email @paypay.com. he...he... sekilas sama.

Semua link yang menunjukkan ke suatu ip address tertentu, walaupun di bagian belakang di embel embeli dengan www.paypal.com tapi dengan adanya ip address di depan bisa jadi yang sebelah belakang tersebut hanya subdomain saja.

thanks informasinya yah...
semoga bermanfaat....!!!