Saturday, February 13, 2010

Transfer Domain Ke Godaddy

Mengapa kebanyakan orang cenderung memilih dan menggunakan godaddy sebagai registrar utama? Sebagian besar karena godaddy memberikan harga paling murah dengan berbagai model kupon diskon. Nah bagi yang masih menggunakan registrar lain dan tertarik untuk memindahkan domainnya ke godaddy berikut panduan lengkap cara transfer domain ke godaddy.

1. Pastikan domain yang akan anda transfer dalam keadaan unlocked di registrar lamanya. Langkah ini penting supaya tidak perlu mengulangi sewaktu proses transfer. Jangan lupa catat / copy terlebih dulu EPP atau authorization code untuk domain bersangkutan.

2. Carilah koleksi kupon diskon Godaddy terlebih dulu dan copy ke notepad. Langkah ini perlu supaya meminimalkan biaya transfer. Kode kupon bisa dicoba dimasukkan di kotak kupon di cart order page.

3. Pastikan akun paypal Anda verified dan sebelumnya sudah pernah melakukan transaksi di godaddy. Jika akun paypal belum verified silahkan beli VCC paypal untuk verifikasi terlebih dulu.

4. Login ke akun godaddy Anda, kemudian di bagian "domain related" yang terletak di kolom navigasi ada pilihan "domain transfer". Klik bagian tersebut kemudian ikuti langkah-langkah berikutnya sesuai tampilan interface di godaddy. Jangan terkecoh dan bingung dengan berbagai promo tambahan yang ditawarkan godaddy.

transfer domain ke godaddy

5. Setelah order anda sudah di cart Godaddy silahkan Anda coba kupon (langkah no. 2) Jika sudah yakin harganya paling murah silahkan dilanjutkan ke pembayaran paypal.

6. Selanjutnya periksa e-mail yang Anda gunakan sebagai email kontak untuk domain bersangkutan, dan carilah konfirmasi transfer yang sudah dilakukan. Email tersebut juga berisi transaction id dan security code yang harus di input pada waktu proses transfer.

7. Dari akun godaddy silahkan menuju ke pending transfer. Disini akan terlihat daftar domain mu yang akan ditransfer ke godaddy. Proses transfer ini harus dilakukan satu persatu dengan cara men contreng kotak kecil di sebalah kanan nama domain, kemudian setelah klik tombol "Authorization" akan keluar drop down menu. Setelah klik "begin transfer authorization" akan muncul pop up java script baru.

transfer domain ke godaddy

8. Pada pop up javascript yang baru muncul silahkan masukkan transcation id dan security code (langkah no. 6) kemudian klik next.

panduan transfer domain ke godaddy

9. Selanjutnya tampilan pada pop up tersebut berubah, ketikkan nama domain yang akan ditransfer. Kemudian contreng "Authorize" dan klik Next.

tips transfer domain ke godaddy

10. Selanjutnya tampilan kembali berubah dan Anda harus memasukkan EPP atau Authorize code (langkah no. 1) dan kemudian klik next.

panduan transfer domain ke godaddy

11. Setelah semua langkah diatas Anda lakukan maka kurang lebih 2 hari kemudian Anda akan mendapat e-mail pemberitahuan dari registrar yang lama bahwa domain tersebut akan ditransfer ke godaddy. Jika Anda ingin melakukan pembatalan transfer maka silahkan ikuti / klik link yang disediakan. Tapi jika anda ingin melanjutkan transfer tersebut maka jangan lakukan apa-apa.

12. Kurang lebih 4 hari setelah e-mail pemberitahuan (langkah no. 11) maka akan ada pemberitahuan dari godaddy bahwa transfer sudah sukses dan domain sudah berada di akun godaddy Anda.

panduan transfer domain ke godaddy

Tutorial mengenai transfer domain dari registrar laen ke registrar godaddy ini saya susun berdasarkan pengalaman sewaktu melakukan transfer domain dari namecheap ke godaddy. Mengapa saya lakukan transfer? karena perpanjangan registrasi dot com di namecheap membutuhkan hampir 10$ sementara jika ditransfer ke godaddy saya hanya perlu membayar 7,14$ (sudah termasuk diskon). Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

14 comments

ternyata kita mengurusnya dari tujuan transfer domain, bukan asal domain.

thx om, ane ikutin langkah2nya mpe step 10.. tinggal tunggu email konfirmasi nih.. hahaha

mau nanya nich

apakah EPP atau authorization code itu domain secret?

kok aku gak dapat kode transaction ID dan Security Code ya, gimana Nie boz, Solusinya? coz tinggal 6 hari lagi domainku uda koid

bro, biaya transfer domain kaya gitu berapa? tanpa melalui kupon

thanks info yg bagus

mas p3durungan' saya mau tanya dimanakah saya harus mendapatkan security code tolong jelaskan, karena saya mau mencoba transfer domain saya.,

thanks

security code dikirim dari godaddy, setelah selesai transaksi/pembayaran maka godaddy akan mengirimkan kode transaksi dan kode keamanan via email ke alamat email yang tercantum pada whois domain terkait.

tranfer domain itu lama aktifnya akan meneruskan dr sisa masa aktif register domain sebelumnya atau register baru yg masa aktifnya 1 thn juga? dlm jual beli web di flippa apakah transfer domain itu merupakan kewajiban penjual web?

mohon pecerahannya mas...
thx..

Apakah kupon diskon yg beredar di internet ini ada yg palsu dan bisa mengambil alih domain kita?
Saya telah menggunakan salah satu kupon diskon yg saya dapatkan dan hasilnya adalah domain saya tidak muncul di list order godaddy saya. Aneh nya lg saya langsung mendatkan ID transaksi dan Code Scurity di email saya.
Yg lebih memusingkan saya adalah saya tidak bisa melakukan order transfer domain dengan domain yg sama, slalu muncul peringatan: Unaviable for transfer domain : domain saya..
kondisi domain masih unlock, provider jg memastikan domain siap di transfer kemanapun dan kpnpun.

Sya bingung harus bagaimana?

Mas Admin mohon pencerahannya...

@Mas Mustain :

Transfer domain ke registrar baru akan memperpanjang masa aktif domain menjadi bertambah 1 tahun lagi.

Tidak ada kupon diskon yg bisa ambil alih domain. Untuk pindah registrar ke godaddy, perhatikan artikel saya diatas, cari di bagian "Domain Transfer" kemudian masukkan transaction id dan security code seperti pada langkah nomer 8. Pastikan sebelum melakukan transfer registrar kondisi domain di registrar lama adalah unlocked (nomer 1).

Trimakasi atas jawabannya, walaupun blm dapat menyelesaikan masalah saya mas :)

akun saya di bagian Domain Transfer tetap kosong, tdk ada domain yg sdh saya order. Dan order ulang juga tetap tdk dapat saya lakukan dengan domain saya tsb, selalu di tolak.

Tanya lg ya mas, apa fungsi dari menu Retrieve My Customer Number di godaddy? Dan bagaimana cara menggunakannya ya mas?

Mungkin lewat menu ini dpt menyelesaikan masalah saya..

Terima kasih, dan maaf telah banyak bertanya :)

kalo dr godaddy transfer ke godaddy butuh brp lama ya?

@Lubis : dari godaddy ke godaddy biasanya cuma 15 menit juga dah beres