Friday, March 5, 2010

Autoblog + SEO + Twitter = Traffic = Online Earning

Sedikit sharing mengenai teknik nubie yang sering digunakan di platform wordpress setelah. Teknik ini pun masih terhitung trial en error. Sejumlah plugin yang perlu disiapkan antara lain:

(Ini wajib ada):
  • AIO (all in one) seo pack (wajib banget)
  • google sitemap
  • Adsense Deluxe (or Adsense Now)
  • related post (kek YARPP)
  • wp page-navi (mempermudah navigasi, mampu meningkatkan pageview)
  • WP Easy Uploader (buat mempermudah mengupload plugin)
  • Advanced Excerpt (memendekkan posting kita secara otomatis)

Dan berikutnya adalah plugin ampuh (menurut gw lo) yang mampu mengundang traffic:
  • SearchTerms Tagging 2 (penggantinya bstat, efeknya sama kayak bstat, tapi source-nya lebih enteng)
  • FeedWordpress (maklum, gw kan pemalas banget, hehehe....bisa juga pake wp-o-matic, tapi gw lebih nyaman pake FeedWordpress)
  • BirdFeeder (ini ni buat ngirimin judul posting kita ke status twitter secara otomatis plus shorten links ke posting kita. Salah satu plugin favorit gw)

Adapun petunjuk teknis pelaksanaannya :
  1. Meskipun autoblog, sebisa mungkin minimal seminggu 2 kali kita membuat posting original atau rewrite di blog kita agar ndak dianggap duplicate content. Ato coba luangkan waktu untuk nge-rewrite hasil autoblog yang sudah ada, gak perlu semuanya di rewrite. Cukup rewrite judulnya, paragrap pertama dan paragrap terakhir.
  2. Bolehlah sekali-kali memanfaatkan Google Trend untuk meningkatkan traffic, asalkan emang sesuai ama tema blognya.
  3. Carilah follower sebanyak-banyaknya (yang ndak punya akun twitter, ya buat donk), ada banyak banget teknik mencari follower di Oom Gugel. Tapi gw sarankan pake cara manual seperti mem-follow lebih dulu orang lain dan meminta mereka untuk mem-follow juga. Yang penting, orang yang kita tuju memiliki minat yg sama dengan tema blog yg akan kita promosikan nantinya.
  4. Agar lebih maknyuss hasilnya, manfaatkan topik-topik yang sedang ngetrend di twitter ato yang sesuai dengan tema blog kita untuk mempromosikan blog kita. Teknisnya seperti ini: bila plugin BirdFeeder sudah di-install dan diaktifkan, maka isilah kolom message pada option BirdFeeder dengan topik tertentu yang disesuaikan dengan tema blog kita. Misalnya, kalo blog kita tentang adsense, maka kita isikan kolom message itu dengan topik tersebut, seperti #googleadsense, #adsense, dan sejenisnya (penggunaan tanda # pada twitter berguna agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga). Maka nantinya ketika blog kita meng-update posting, secara otomatis message tersebut akan terkirim juga dengan judul postingnya.
  5. Jangan lupa sering-seringlah meng-update status twitter agar tetap ada sentuhan personal, sehingga akun twitter kita ndak dianggap nyepam.
  6. Jangan lupa luangkan waktu untuk menambah backlink.

Kalau ada yang ikutan nyoba silahkan report ke sini mengenai hasilnya.