Sunday, April 6, 2014

cara mudah membuat artikel viral berkualitas

cara mudah membuat artikel viral berkualitas
Jaman sekarang kalau hanya mengandalkan seo semata pasti gempor dah, jalan lain yang lebih enak adalah artikel viral. Wah makanan apaan lagi tuh? Viral maksudnya otomatis menyebar, siapa yang nyebarin ya para pembaca nya. Viral bisa berarti dishare oleh para pembaca melalui email atau social media. Okeh ga perlu panjang lebar mari kita simak tips cara mudah membuat artikel viral berkualitas

1. Pahami dan kenali pembaca atau audiens mu
cara mudah untuk memahami dan mengenali pembaca mu dengan menggunakan 5W sebagai berikut :

  • Who : siapa yang menjadi pembaca mu? anak sma? pekerja kantoran? ibu rumah tangga? atau IM? atau para pengusaha offline?
  • What : apa yang dibutuhkan oleh para pembaca mu? Sajikan artikel yang bisa membantu para pembaca mu.
  • When : kapan para pembaca mu online? terbitkan artikel mu pada saat jam prime time ketika para pembaca mu mulai online.
  • Where : dimana kah para pembaca mu hidup, bekerja atau bermain? Tentu saja orang yang hidup di Kalimantan tidak akan membutuhkan daftar restoran terbaik di Semarang.
  • Why : kenapa para pembaca mu online? apakah mereka mencari informasi tertentu? apakah mereka sedang membutuhkan solusi atau referensi? 


2. Kreasikan judul artikel yang menarik perhatian
Kesan pertama adalah sangat penting, bagaimanapun berkualitasnya artikel mu ketika orang tidak tertarik untuk membaca nya maka artikel mu menjadi sia-sia alias mubazir. Berikut ini beberapa tips untuk berkreasi menciptakan judul yang menarik :

  • Masukkan sebuah janji ke dalam judul : Data spesifikasi Galaxy Note III terbaru dan terupdate
  • Sertakan angka supaya pembaca mu mengetahui : 9 hal penting yang harus dihindari ketika mulai PDKT
  • Pertanyaan untuk menimbulkan rasa ingin tahu : Pilih Jokowow atau ARB?
  • dan yang paling umum adalah "Cara Untuk" : Cara untuk menghilangkan jerawat.


3. Unik dan orisinil
Internet sangatlah luas dan hampir tidak terbatas, jadi sungguh sangat mungkin orang lain telah menulis mengenai topik yang telah kamu pilih. Tambahkan hal-hal yang unik, menarik dan orisinil di dalam nya : cara pandang mu, wawasan lingkunganmu, atau cara mu ber empati.

4. Jangan ragu dan takut
Para pemuda generasi sekarang sepertinya sangat menghargai waktu mereka, dan mereka tidak akan bersedia untuk membuang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna. Ketika kamu menyajikan artikel menarik dan berkualitas maka mereka juga tidak segan untuk nongkrong berlama lama di web mu membaca dan membagikan artikel mu.

5. Sertakan emosi di dalam artikel mu
Hal-hal yang terkait emosi seperti kecintaan terhadap klub sepakbola, fanatisme terhadap partai politik, rasa iba terhadap tokoh tertentu, merupakan hal-hal yang menggugah emosi dan seringkali dibagikan (viral) oleh para pembaca mu. Hal ini juga merupakan hal dasar bagi para pemain fbads.

6. Perhatikan hal-hal yang nge trend
Ya tentu saja ketika dangdut oplosan sedang nge trend jarang-jarang ada orang yang joget poco-poco. Hot trend seringkali menjadi virus menular dan menimbulkan efek domino sesaat. Ya walaupun bukan long term tapi setidaknya lumayan juga mendapat limpahan pengunjung.

7. Tambahkan visualisasi
Seiring dengan kemajuan teknologi dan kecepatan internet maka visualisasi seperti gambar dan video menjadi semakin mudah dijangkau. Tidak semua orang memiliki daya imajinasi yang cukup untuk menggambarkan seperti yang dimaksud dalam artikel mu. Tambahkan gambar atau video yang bisa membantu menyampaikan maksud dari artikel mu.

8. Ciptakan artikel yang bermanfaat dan memberi solusi
Alih alih daripada hard selling menjual obat anti semut, justru lebih baik jika membuat artikel cara mengatasi semut. Tinggal dicantumkan saja beberapa cara mengatasi semut, dan di akhir artikel disebutkan "jika cara-cara tersebut diatas masih tidak mempan, hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan ramuan X. jika Anda membutuhkan ramuan X silahkan hubungi kami" Ya masih jualan juga tapi jadi softselling kan

9. Strukturisasi artikel mu supaya bisa dibaca dengan enak
Membuat artikel juga perlu rencana, tidak bisa seenak nya juga loncat sana sini, kalau pembaca mu jadi puyeng malah ga mau lanjutin baca sisa nya. Perhatikan alur artikel, perhatikan juga susunan sub judul nya.

Sebetulnya artikel ini juga bukan cara mudah membuat artikel viral berkualitas, membuat artikel berkualitas selalu SUSAH, tapi kesusahan itu akan terbayar dengan baik. Tidak lupa juga template web juga berpengaruh, buat para IM yang butuh landingpage jangan lupa cekidot artikel review saya mengenai wordpres template menarik fastload dan responsive.