Wednesday, January 29, 2014

tips sukses jual beli web

tips sukses jual beli web
Masih mengenai jual beli web, setelah cara sukses jual beli web ala webdijual.com maka artikel berikut mengenai tips sukses jual beli web. Jual beli web tidak lagi sekedar pekerjaan sampingan tapi sudah menjadi industri yang terbukti menghasilkan.  Contoh nyata dari industri jual beli web adalah flippa.com dengan omzet 2jt usd (tiap bulan) dan fee 10% dan webdijual.com dengan omzet 60rb usd (tiap bulan) dengan fee 30%.

Pelajari Model Bisnis

Pelajari model website yang sudah terbukti jalan online bisnisnya, terutama sekali dalam hal ini trefiknya stabil dan earningnya relatif bagus. Berikutnya bisa juga kita cari tau nilai jualnya. Tiru dan amati! bukan copas dan jiplak!!! Hal ini merupakan tips sukses jual beli website yang paling mendasar

Beli or Bikin

Ada berbagai macam opsi untuk jual beli website. Bisa diawali dari bikin atau build sendiri, walaupun minim modal tapi opsi ini tentu saja makan waktu yang lumayan panjang. Beli website setengah jadi (partially developed website) menjadi opsi yang menarik ketika kita memiliki waktu dan modal, modifikasi dan perbaikan bisa disesuaikan dengan style kita sendiri. Membeli website jadi (fully developed website) menjadi pilihan terakhir terutama ketika kita sudah tidak memiliki waktu yang leluasa. Perlu diperhatikan membeli website jadi butuh ketelitian dan kecermatan, salah menilai bisa mengakibatkan kerugian.

Harga Penentuan

Harga penentuan sudah harus disetting sejak awal. Walaupun sulit karena tidak ada standar pastinya, tapi bagi para pemain di industri jual beli web tentu sudah biasa menentukan harga pantas untuk suatu website. Coba untuk memahami sisi pembeli, apa yang jadi harapan, apa yang jadi resiko dan sampai seberapa kemampuan finansial buyer.

Stabilitas & Kontinuitas

Semakin lama stabilitas dan kontinuitas model bisnis website mu maka akan semakin tinggi pula appraisal atau perkiraan harga jual nya. Kembali pada habitat para buyer yang pada umum nya adalah long term investor, bahwa semakin lama bukti stabilitas dan kontinuitas maka umur dari website nya sendiri juga akan makin langgeng.

Your Call

Jual atau tahan? Dilema yang selalu menghantui para pemain jual beli website. Masing-masing pemain tentu memiliki kebutuhan masing-masing. Coba tinjau lebih mendalam lagi situasi, kondisi dan tujuan nya. Jangan lupakan juga aspek tidak terduga dari algoritma SE, kita gak pernah tau apa nyang terjadi besok, apakah websitenya akan semakin naik ato turun trefiknya, ato earningnya semakin naek ato turun. Make your call tepat pada "saat ini" ketika website masih bernilai jual. Dan waktu terbaik untuk menjual website adalah ketika websitenya running well dan income stream nya stabil. Susah cari pembeli website nyang mau beli "history kejayaan masa lalu" ketika pada saat dijual earningnya turun, apalagi kalo pengen terjual dengan harga tinggi. Simple concept simple common things.

Semoga tips sukses jual beli website ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.  Jika ada yang mau menambahkan mengenai tips sukses jual beli website silahkan komen :)