Monday, November 30, 2009

Cara Aman Hindari Paypal Limited

Jika Anda serius berbisnis online, Anda pasti membutuhkan akun paypal. Akun paypal bisa didapatkan secara gratis, dana di akun paypal bisa ditarik ke rekening bank indonesia atau bisa juga dijual kepada orang lain yang membutuhkan. Hal yang sering membuat ngeri adalah admin Paypal bersifat otoriter dan mempunyai kewenangan untuk membekukan atau membatasi arus keluar masuk uang ke akun paypal kita, bahasa kerennya freeze or limited. Apa yang terjadi jika akun paypal kita kena limited? Kita harus mengirim scan KTP, scan rekening listrik atau billing kartu kredit belum lagi harus menulis surat permohonan yang notabene harus dalam bahasa inggris. Kalau inggris kita cas cis cus sih ga masalah, nah kalau inggris kita blepotan abis kan mangkin runyam aja.

OK, langsung pada intinya, bagaimana cara aman menghindari paypal limited :
  1. Untuk membuat akun paypal baru gunakan nama dan identitas asli beserta alamat lengkap jika perlu gunakan identitas yang sama persis seperti yang tercantum di rekening bank atau billing kartu kreditmu.
  2. Jika Anda baru saja membuat akun paypal, sebaiknya biarkan satu sampai dua minggu tanpa transaksi sama sekali.
  3. Setelah tenggang waktu dua minggu tersebut terlampaui, gunakan untuk transaksi dengan jumlah kecil di bawah 5$ tiap transaksinya. Jangan pula membeli balance paypal dari orang laen dalam jumlah besar lebih dari 25$.
  4. Nah jika bisnis Anda lancar dan jumlah ataupun nominal transaksi semakin meningkat sebaiknya segera verifikasi akun paypalmu. Bisa menggunakan kartu kredit atau menggunakan VCC.
  5. Setelah selesai verifikasi jangan langsung main hajar main transaksi ratusan $$$. Mainkan nilai transaksi dengan mengatur pembayaran secara bertahap.
  6. Penggunaan dana untuk pembayaran jangan dibiasakan menggunakan option personal seperti "payment owed" atau "other" atau "gift" karena hal tersebut akan memicu bot paypal melakukan razia terhadap akun paypalmu.


  7. Pembayaran sebaiknya menggunakan pilihan "goods" atau "service" dan jangan lupa untuk mencantumkan keterangan pembayaran secara lengkap jelas dan terperinci. Hal ni juga berfungsi untuk menghindari scam.


  8. Jika menerima pembayaran dari customer / client sebaiknya minta kepada mereka untuk mencantumkan keterangan di payment note.
  9. Hindari login paypal dari warnet atau dari laptop tetangga, bot paypal juga sering melakukan deteksi ip. Jika dirasa akun paypalmu di akses dari ip yang tidak semestinya maka paypal otomatis akan melakukan limited terhadap akun paypal mu.
Demikian sembilan cara aman ala p3durungan untuk menghindari paypal limited. Dengan cara tersebut akun paypal utama saya sudah berumur lebih dari dua tahun dan tidak pernah sekalipun mengalami limited. Semoga bermanfaat.

2 comments

selama ini sering kena razia seh, tapi gak pernah kena limit.

mungkin karena transaksi saya kecil terus, belum bisa seperti jago-jago blog yang sekali ngirim ratusan dolar sekaligus

Artikelnya bagus. Tapi gimana klo PP yang dah terlanjur kena limit, sementara diminta scan CC tapi saya waktu verifikasi pake VCC.. Mohon Pencerahan bos. Trims