Friday, May 9, 2014

pengamanan asset data file digital

infographic pengamanan asset data file digital
Di era digital ini, data & file adalah merupakan suatu asset yang memiliki nilai atau value. Bisa saja value tersebut berupa kenangan indah atau bisa juga setara dengan nominal uang. Berikut ini ada sebuah infographic dari http://churchm.ag/digital-peace-of-mind-back-up-data/ mengenai asset data file digital.

Secara singkat, 54% orang dewasa kenal dan atau tahu bahwa relasi nya pernah kehilangan file data nya. Asset data file digital yang dianggap berharga adalah foto & video (72%), data projek (35%), file musik (31%). Sebanyak 90% orang dewasa di amerika sadar bahwa asset data file digital nya adalah sangat berharga, tapi hanya 10% saja yang melakukan backup data rutin, lebih parah nya sebanyak 25% responden sama sekali tidak pernah melakukan backup data.

Bagi kita para pemain bisnis online, saya sangat yakin bahwa seringkali terlintas dalam pikiran kita mengenai keamanan file data digital. Sayangnya ya itu, hanya melintas saja, hanya sedikit orang yang melakukan backup data secara rutin. Salah satu hal yang bikin malas biasanya karena backup data itu ribet dan makan waktu. Sebagian orang melakukan backup data di dvd, external hardisk atau usb flashdisk.

Bagaimana jika terjadi laptop atau pc rusak, hardisk terbakar, failed to read dan data backup entah hilang kemana? Selanjutnya yang terjadi adalah terduduk lemas tanpa sanggup berkata kata lagi.... Bukan hal dan kejadian yang baru kan? Kita sudah sering tahu dan dengar, bahkan saya sendiri beberapa kali dengar dan tahu beberapa kawan IM juga mengalami hal seperti itu. Cuman mau gimana lagi, memang gak ada lagi yang kita bisa bantu.

pengamanan asset data file digital
Sebetulnya solusi pengamanan asset data file digital sudah ada sejak lama. Gunakan saja dropbox sebagai media penyimpanan digital, install aplikasi di pc/laptop dan di smartphone Anda. Biasakan semua file tersimpan di dropbox, dengan aplikasi terinstall di laptop/pc maka tiap data file digital yang diletakkan di folder dropbox secara otomatis akan disinkronisasi tersimpan di server dropbox. Sewaktu waktu file nya bisa diambil dan diakses.

Ganti laptop/pc juga ga jadi masalah, tinggal instal ulang aplikasi dengan login detail yang sama, hidupkan koneksi internet dan semua file dari server dropbox akan masuk lagi di laptop/pc Anda. Lebih joss lagi, dari aplikasi web base nya juga bisa dilihat histori edit atau delete nya, bahkan bisa dilakukan reversal terhadap delete walaupun untuk versi gratis ada limit batasannya.

Jadi tunggu apalagi? segera daftar dan dapatkan gratis 2GB permanent lifetime melalui link ini. Masih kurang Om? Saya juga jualan akun dengan kapasitas 18GB murah aja 150rb atau 17$ via paypal, silahkan order dengan kirim email ke [email protected] dikasi judul "order dropbox 18gb" dilengkapi bank transfer (bca/bni/bri/mandiri) yg akan digunakan atau id pp yang akan digunakan.

*untuk pembayaran dengan paypal akan saya kirimkan invoice ke id pp nya