Sunday, December 9, 2012

Godaddy Cancel Domain & Refund

Kejadian bermula pada 6 Desember 2012, mendadak ada muncul paypal payment receipt sebesar $9 komplit beserta invoice dari godaddy untuk renewal sebuah domain dot info. Wah saya langsung tepok jidat.... ini gara-gara lupa gak maintain list domain di godaddy. Rekan-rekan perlu perhatikan, domain yg kita register dengan domain yg kita beli dari orang lain status nya beda. Coba perhatikan portofolio domain mu, domain yg kita register dijamin opsi nya adalah "auto renewal" dan ini lah yang menjadi penyebab muncul nya tagihan renewal secara tiba-tiba tanpa dinyana. Untuk domain yg kita register sebaiknya setelah register opsi auto renewal nya langsung di non aktifkan atau menjelang expired di delete/cancel dari akun godaddy kita.


Akhirnya saya login ke godaddy, ubek-ubek cari link untuk submit support ticket di bagian My Account. Sebelumnya persiapkan dulu nomer invoice dari godaddy dan nomer referensi pembayaran dari paypal.

Pada bagian support ticket isi dengan data sesuai yg tercantum dalam akun, kemudian cantumkan nama domain terkait, untuk topik pilih "Product Support" dan product pilih "Domain Registration" Untuk isi pesan nya sih gampang aja :

Dear Support,

Regarding to invoice #123456 and payment #AGF342KDAJ312 I'd like to cancel "domain name" and get full refund.

Best Regards,
p3durungan

Setelah disubmit, kita akan mendapat email notifikasi berisi no ticket support, dan dijanjikan maksimal 24 jam akan mendapat respon atau update dari Godaddy. Memang betul gak sampai 24 jam sudah ada CS nya yang membalas menawarkan opsi refund berupa in-store credit atau refund ke payment method. dicantumkan juga untuk refund ke payment method membutuhkan waktu maksimal 7 hari kerja. Selain itu dicantumkan juga langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan refund tersebut. Berikut tahapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan full refund :

  1. Login ke akun godaddy
  2. Akses My Account >>> Payment
  3. Contreng domain yang akan dicancel
  4. Klik "Cancel Domain"
  5. Di sebelah kanan akan muncul tombol "Save" klik tombol tersebut
  6. Akses My Account >>> Contact Support
  7. Di bawah id mu akan nampak "1 messages" klik link tersebut
  8. Reply ticket support mu, beritahukan bahwa domain sudah dicancel dan kamu meminta refund ke payment method.

Akan ada email notifikasi terkait reply pada point nomer 8, silahkan bersabar untuk menunggu. Jika pembayaran menggunakan paypal seperti yg saya alami, tidak sampai 24 jam sejak reply full refund sudah langsung dikirimkan. Buat yang mau dapat diskon 20% silahkan langsung meluncur ke diskonan godaddy, baca juga tutorial Transfer Domain ke Godaddy. Sekian dari www.p3durungan.com semoga bermanfaat.