Tuesday, February 8, 2011

Rahasia Flipping di Flippa


Beberapa tahun belakangan, potensi menghasilkan keuntungan ribuan $ dari jual beli bisnis online telah memikat banyak orang untuk terjun menekuni bisnis Flipping. Bahkan sebagian besar dari mereka adalah orang-orang yang tidak memiliki pengalaman bisnis online

Flippa yang dahulu kala bernama SitePoint merupakan pioner di bidang jual beli website. Mereka menyediakan berbagai macam fasilitas untuk memudahkan pencarian akan suatu bentuk bisnis online yang sesuai. Bahkan mereka mengintegrasikan paypal sebagai salah satu bentuk pembayaran online.

Rahasia utama dalam berbisnis online adalah mengetahui cara berpikir pembeli. Hal-hal apakah yang menjadi pertimbangan utama para buyer dalam membeli website/blog? Simak 7 hal berikut ini :

1. Sejarah Website

Buyer biasanya sangat berhati-hati dalam menganalisa sejarah suatu website yang akan dibeli. Secara gampang, semakin lama suatu website eksis maka kemungkinan besar website tersebut akan tetap eksis. Seringkali dijumpai website yang sangat menarik dan menggoda serta memiliki potensi yang luar biasa besar, sayangnya baru eksis beerapa bulan saja. Untuk kasus tersebut para buyer cenderung lebih fokus dalam analisa sumber pendapatan, apakah pendapatan nya termasuk kategori rutin atau hanya trend sesaat.

2. Sumber Pendapatan

Ada berbagai macam sumber pendapatan, yang paling umum adalah PPC (Adsense), Affiliate, Penjualan Produk atau Penjualan Banner Iklan. Masing-masing sumber pendapatan memiliki resiko dan potensi tersendiri, dan para pembeli biasanya cenderung lebih memilih website yang memiliki sumber pendapatan dari PPC karena lebih stabil. Lebih dari satu sumber pendapatan adalah hal yang menaikkan nilai penjualan. Buyer sangat menyukai website yang memiliki beberapa macam sumber pendapatan, karena hal tersebut akan mengurangi ketergantungan pada salah satu sumber.

3. Trend Sumber Pendapatan

Selain mengenai sumber pendapatan, buyer biasanya juga menganalisa mengenai trend dari suatu sumber pendapatan. Apakah sumber pendapatan yang dimiliki berupa grafik menurun, stabil atau justru semakin meningkat. Jika website yang akan Anda flipping merupakan website yang menjual produk, maka calon buyer juga akan mempertimbangkan apakah produk tersebut sifatnya musiman atau merupakan kebutuhan tetap. Perhatikan juga bahwa Buyer tidak menyukai statistik sumber pendapatan yang ditenggarai di mark up.

4. Kualitas Traffic

Idiom lama bahwa traffic adalah uang, hanya saja perlu dibedakan traffic dari negara mana? Sediakan details traffic yang lengkap untuk memudahkan Buyer dalam melakukan analisa. Jika website mu memang berkualitas jangan takut untuk menyediakan data asli, bukan data fiktif.

5. Kemungkinan Duplikat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pasar bebas semacam Flippa menjadi suatu tempat untuk mencari ide. Untuk meyakinkan Buyer maka Anda harus menyediakan data lengkap seperti :

- keyword riset lengkap dengan volume search dan pay per click
- search engine ranking page
- statistik traffik secara demografis
- feature unik yang menjadi andalan dll

6. Waktu & Keahlian Untuk Maintain

Buyer cenderung lebih memilih membeli website yang bersifat "turnkey" alias tidak perlu di maintain. Tentu saja memiliki website yang memberikan passive income akan lebih menarik dan lebih enak bagi siapapun

Selamat mencoba mengadu nasib Flipping di Flippa.